Mengenal Jasa Desain Infografis Perusahaan Profesional

Leave a comment

December 29, 2015 by MsDailyLife

“Apa itu infographic dan bagaimana membuatnya?”

Infographic atau dalam bahasa Indonesia: infografik atau grafik informasi adalah salah satu bentuk komunikasi visual yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari ilmu pengetahuan, statistik, jurnalistik, bahkan komersial. Infografik memiliki wujud yang beraneka ragam, mulai dari rambu, peta, instruksi visual, hingga infografik jurnalistik yang ditemukan pada media massa. Kepopuleran infografik dalam komunikasi visual adalah berkat sifat dan fungsi istimewa infografik: menyampaikan informasi secara utuh, cepat dan mudah dimengerti.

Secara spesifik, pembuatan infografik menjadi bagian yang lekat dengan jurnalisme. Keakuratan data dan fakta menjadi perhatian penting, sehingga kerap kali tim infografik harus berhubungan dengan wartawan, litbang, ataupun narasumber terpercaya lainnya.

Kini tantangannya adalah bagaimana menyajikan data yang tersedia agar mudah difahami oleh audience, serta bagaimana menumbuhkan kreativitas dalam menyajikan dan menyaring data dan fakta, agar karya infografik menjadi menarik secara visual, sekaligus memenuhi fungsi komunikasinya. *sumber: IG @kabaradgi

2467c83b1837d248e9c9620052d89839

Infografis Layout sample (source : bubble.com)

8 Langkah Efektif untuk Menghasilkan Desain Infographic Keren

5efd1b49c0aa5e8e231cd00e5b1dc7de

Layout sample (source : SeeMei Chow)

1. Memahami Infographic

Infographic adalah representatif visual dari sebuah informasi atau data yang disampaikan melalui sebuah grafik yang menarik. Ini adalah cara yang efektif untuk mengubah subjek yang rumit atau membingungkan menjadi pengalaman yang mudah dicerna dan estetis serta menyenangkan untuk siapa saja.

Hal ini dapat menjadi cara yang brilian dan efektif untuk pemasaran produk, mempromosikan pengalaman, mendidik dan meningkatkan kesadaran subjek yang dapat Anda pikirkan. Sebuah desain yang efektif dan menarik dapat memikat dan menginspirasi orang untuk bertindak.

Dalam era informasi ini ketika ada begitu banyak informasi untuk dicerna dan bersaing satu sama lain, gambar dan penggunaan tipografi yang dipikirkan dengan baik dapat menceritakan kisah yang lebih cepat dan lebih efektif.

Infographic dapat menjadi alat super efektif dalam kampanye pemasaran digital daninfographic tersebut juga bisa digunakan begitu mudah oleh usaha kecil serta organisasi-organisasi besar.

Tidak mengherankan bahwa ilustrator dan desainer di mana-mana ditugaskan untuk menciptakan berbagai hal yang indah dan enak dipandang. Selama dua tahun terakhir, penggunaan infographic pun telah meningkat secara substansial.

2. Mengetahui Subjek Anda

Beberapa klien akan menjelaskan kepada Anda dengan baik mengenai beberapa hal, baik latar belakang hingga perihal data yang akan digunakan dalaminfographic tersebut. Beberapa bahkan mungkin memiliki bingkai kasar, warna palet yang sudah diatur agarinfographic yang dibuat nampak begitu melambangkan perusahaan.

Baca semua data yang Anda dapatkan secara menyeluruh dan ambil beberapa waktu ekstra dalam melakukan penelitian Anda sendiri ke dalam subjek sebelum Anda memulainya. Bahkan jika itu adalah subjek yang sudah Anda ketahui, penting untuk mengetahui apa yang Anda komunikasikan karena akan berdampak pada nada suara dan citra yang Anda buat.

Dalam kasus lain Anda mungkin dapat didekati oleh klien yang tidak sepenuhnya menyadari apa infographic itu, Anda harus tahu bahwa mereka menggunakannya tetapi hanya memiliki gagasan yang kurang jelas tentang apa yang mereka butuhkan. Dalam hal ini, desainer berubah menjadi peneliti, editor, copywriter dan manajer proyek. Ini adalah infographic yang paling menarik tetapi menjadi hal yang menantang.

Membimbing klien Anda menjalani proses pembuatan sebuah infographicmerupakan pengalaman yang hebat. Ini juga berpengaruh pada klien untuk menyetujui desain Anda. Belajar begitu banyak tentang topik baru dan memiliki begitu banyak kontrol atas isi konten tentu akan sangat menyenangkan! Namun, ada banyak yang harus dipertimbangkan sebelum melompat langsung ke dalam desain. Anda bisa membaca, meneliti dan menyusun data dan konten. Itu berarti menemukan artikel dan buku yang relevan dengan subjek dan menyusun bagian informasi yang akan membantu mengkomunikasikan pesan.

3. Memiliki Rencana

Setelah Anda mengumpulkan informasi, maka akan sangat membantu untuk mendapatkan pikiran tentang bagaimana bercerita dengan data. Sebuahinfographic membutuhkan narasi dengan plot (alur cerita) yang baik. Pada dasarnya Anda membuat perjalanan visual melalui awal pembahasan terntentu dan dengan setiap cerita kita membutuhkan awal, tengah dan akhir.

Sebagai contoh, kita lihat di bawah ini infographic dibuat untuk Maytech. Berjudul “Apakah Anda tahu di mana data Anda?”, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan profesional IT dan direktur perusahaan tentang pentingnya berbagi data monitoring dan memperbarui kebijakan keamanan.

Jadi, bagaimana cara membuat narasi awal yang cocok untuk memulai suatuinfographic? Berapa panjang narasi yang harus dibuat? Apakah harus termasuk sejarah topik atau perusahaan? Hal selanjutnya adalah mengelola data yang disimpan dan juga mencari tahu data-data lain yang mungkin akan dibutuhkan untuk pembuatan infographic. Selain itu Anda juga harus dapat menjaga data tersebut dengan baik agar data tersebut tidak sampai berpindah tangan atau pun hilang entah ke mana.

Ada aliran dan narasi yang jelas. Sebelum memulai proses desain, Anda sudah harus memiliki narasi dan aliran cerita yang sudah dipetakan dengan jelas. Urutkan konten Anda, dan edit sampai Anda memiliki alur cerita yang baik dan kemudian atur menjadi beberapa bagian yang teridentifikasi dengan baik.

Ini adalah sebuah proses yang sangat penting dan selalu terbaik untuk mendapatkan gambar rangka yang ditandatangani sebelum Anda mulai desain. Tidak ada yang lebih buruk daripada menghabiskan berjam-jam pada desain, menciptakan ilustrasi terlebih dahulu hanya untuk menemukan klien Anda tidak senang dengan konten yang Anda buat.

4. Konversi Teks ke Gambar

Sekarang Anda memiliki bingkai kawat Anda untuk menyetujui waktu untuk mulai mengubah teks dan data ke visual. Ini pasti bisa menjadi agak rumit dan kadang-kadang Anda mungkin perlu penjelasan singkat untuk pergi bersama dengan gambar Anda.

Namun, cobalah untuk mengubah sebanyak yang Anda bisa menjadi gambar. Dalam beberapa kasus, materi pelajaran akan menentukan berapa banyak ini. Sebagai contoh, lihat infographic ini dibuat tentang psikologi mempengaruhi dan membujuk.

5. Jangan Kehilangan Minat!

Semakin lama Anda bekerja pada sebuah proyek dan semakin lama Anda berbicara tentang subjek yang sama kadang-kadang memudahkan Anda untuk kehilangan minat untuk metode lain yang lebih kreatif. Sangat mudah untuk menggunakan blok warna dan ilustrasi sederhana dengan cepat dan cara pintas dengan blok teks tetapi tidak akan menghasilkan desain besar atau kepuasan klien.

Kuncinya adalah benar-benar berpikir tentang bagaimana Anda dapat memvisualisasikan setiap irisan data bukan hanya menulis dalam jenis huruf yang bagus dan meletakkan dengan cara yang kreatif.

Jangan kehilangan minat dan malas. Jangan bosan. Dengan kata lain, Anda harus benar-benar berpikir tentang bagaimana Anda dapat mengubah tata letak dan aliran dan membuatnya lebih menarik.  Cobalah untuk menemukan cara-cara baru untuk mendefinisikan dan memecah bagian-bagian tapi jangan terlalu terbawa. Anda masih memerlukan pembaca Anda tahu di mana mereka seharusnya mencari, dan dalam rangka apa. Jika Anda kehabisan ide bagaimana untuk memvisualisasikan sesuatu, dapatkan sepasang mata di atasnya sebelum Anda resor untuk diagram lingkaran rata-rata dan grafik. Seorang klien akan mampu membuat grafik standar sendiri, ada banyak alat di luar sana. Ini adalah di mana Anda harus berpikir out of the box.

6. Hati-hati dengan Font!

Tipografi bisa kita gunakan dalam setiap desain yang sangat penting dan dapat menjadi perbedaan antara desain besar dan kecil. Cobalah untuk membatasi penggunaan font untuk dua atau tiga di bagian paling maksimum. Pilih satu fontyang cocok untuk judul dan sub judul dengan jenis huruf yang dapat dibaca untuk setiap body text atau catatan.

Terlalu banyak tipografi dapat membingungkan mata dan membuat sulit untuk memutuskan mana yang pertama harus dibaca dan mengganggu aliran dan narasi. Jadilah orang yang selektif dalam menggunakan keluarga font untuk membagi informasi dan konten tepat.

Pastikan font yang sesuai untuk audience dan subjek dan terlihat cocok jika disandingkan dengan font yang digunakan. Sortir font sebelum Anda memulainya. Mungkin Anda harus memiliki beberapa font yang unik untuk menempa kreatifitas Anda.

7. Terang Tidak Selalu Baik

Sebuah palet warna cerah tidak selalu berarti bahwa itu secara otomatis akan mengambil perhatian. Pilihan warna bisa membuat perbedaan antara orang-orang atau membuat mereka berbalik dan lari ketakutan. Sangat penting untuk mempertimbangkan perihal warna yang digunakan sebelum Anda mulai membuatinfographic.

Pikirkan tentang subjek Anda, audiens Anda akan mempertimbangkan hal-hal seperti psikologi warna dan bagaimana Anda ingin pengguna untuk merasakannya. Berpikirlah saat melihat infographic tersebut.

Pertimbangkan siapa Anda membuat desain ini untuk siapa? Apa yang mereka beli? Pikirkan juga produk yang Anda promosikan, apakah Anda perlu untuk memperkuat merek dengan warna? Pastikan Anda menentukan apakah ada pedoman yang perlu Anda ikuti sebelum Anda mulai.

Demikian pula dengan font, jangan berlebihan dengan jumlah warna. Gunakan satu atau dua warna utama dan mungkin hanya dua lebih untuk aksennya. Gunakan warna aksen untuk menguraikan antara bagian atau tema yang berbeda.

8. Membaca, Menguji dan Memeriksa

Uji infographic Anda pada beberapa rekan-rekan dan siapa saja yang Anda kehendaki. Apakah desain itu dapat mengalir, dapat dengan mudah mewakili untuk bercerita, apakah teks terlalu kecil/terlalu besar/terlalu banyak/terlalu sedikit, apakah ilustrasi binatang yang Anda buat tampak seperti binatang aslinya?

Sangat penting untuk memeriksa semuanya agar masuk akal untuk orang lain. Jangan sampai Anda membuat ilustrasi yang tidak terlihat atau terlalu umum sehingga audiencetidak mengetahui atau menyadari keberadaannya. Pastikan ilustrasi Anda berguna untuk membantu penjelasan data yang disajikan melaluiinfographic.

Ingat, Anda tidak menciptakan infographic untuk diri Anda sendiri. Jika ada hal-hal yang tidak bekerja, maka periksa kembali dan benahi itu semua. Anda tidak akan menunjukkan atau menerbitkan sesuatu yang tidak akan memberikan makna, bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: