Luar Biasa ! Lompat Tali Bisa Membuang Racun dalam Tubuh

Leave a comment

September 13, 2015 by MsDailyLife

MsDailyLife, JKT – Manfaat lompat tali merupakan salah satu yang paling banyak memberikan efek pada postur tubuh, M’sLifers pengen tinggi ? Olahraga ini adalah wajib dilakukan. Olahraga menjadi kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari. Itu mengapa olahraga sudah diajarkan sejak kita masih kecil. Olahraga adalah salah satu penunjang kesehatan tubuh setiap manusia. Sehingga olahraga teringan sampai yang berat memiliki manfaat yang besar untuk tubuh kita.

Ada satu olahraga yang pastinya pernah kita mainkan waktu kecil dan di waktu dewasa jarang dimainkan. Olahraga tersebut adalah lompat tali.

JumpingRope

Lompat tali adalah olahraga sederhana yang memiliki banyak keuntungan dan kelebihan. Pikirkan olahraga apa saja yang mampu membuat kita merasa seperti tidak sedang olahraga, lompat tali masuk ke dalamnya.

Lompat tali hanya membutuhkan tali khusus untuk digunakan sebagai bantuan untuk melompat. Tetapi, di Indonesia karet yang dirangkai pun dapat menjadi alat untuk berolahraga lompat tali.

Olahraga lompat tali jika dalam bahasa Inggris adalah skipping rope memiliki kelebihan tersendiri dari olahraga lainnya.

Kelebihan Lompat Tali

  1. Lompat tali adalah olahraga yang menyenangkan. Kita tidak akan merasa sedang berolahraga dan tetap dapat melakukan aktivitas lain misalnya melakukan lompat tali sambil menonton televisi. Atau juga lompat tali sambil berbincang dengan teman atau juga keluarga.
  2. Lompat tali mudah dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hanya tinggal mengambil tali dan mencari tempat yang agak luas, kita sudah dapat melakukan olahraga yang satu ini.
  3. Alat berolahraga yang merupakan tali. Harganya tidak mahal dan dapat dibeli di toko olahraga juga toko mainan. Warna dan motif yang ditawarkan juga menarik dan sesuai dengan selera kita. Yang terbaik adalah tali yang terbuat dari bahan lembut seperti fiber.
  4. Lompat tali bukan olahraga yang bergantung dengan cuaca. Baik musim hujan maupun musim panas, kita tetap bisa melakukan olahraga yang satu ini. Semua itu adalah kelebihan yang jarang dimiliki oleh jenis olahraga lain. Sedangkan efek untuk tubuh kita tentu hampir sama dengan melakukan olahraga lainnya. Bagi mereka yang benar-benar gemar berolahraga yang satu ini, lompat tali terasa sangat menarik karena menguji kekreatifan bagaimana membuat tali untuk melompat berbentuk indah saat dimainkan.

Seperti yang tadi sudah disebutkan, manfaat olahraga lompat tali hampir sama dengan olahraga lainnya. Tetapi pasti banyak yang belum tahu sebenarnya apa manfaat-manfaat yang benar-benar akan diterima bila memainkan olahraga lompat tali. Inilah manfaat lompat tali untuk tubuh :

Lompat Tali Untuk Menyehatkan Kulit

Olahraga lompat tali dapat menyehatkan kulit tubuh kita. Kenapa? Karena lompat tali membantu melancarkan peredaran darah yang mana memberi nutrisi pada kulit tubuh kita. Ini akan membuat kulit kita terhindar dari timbulnya jerawat.

Lompat Tali Menghilangkan Racun Tubuh

Olahraga lompat tali akan membuat kita berkeringat sedikit demi sedikit. Keringat yang keluar dari pori-pori menghilangkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi. Detoksifikasi membuat kita dijauhkan oleh penyakit-penyakit akibat racun yang masuk ke tubuh seperti dari polusi udara ataupun asupan makanan dan minuman.

Lompat Tali Menguatkan Organ Dalam Tubuh

Lompat tali membuat kita melompat berkali-kali. Hal ini membuat otot kita menjadi lebih kuat dan organ tubuh lainnya yang ikut dilatih untuk terus bergerak. Bagian otot kaki dan tangan yang lebih menerima efeknya karena kaki terus menahan dan mencoba mengangkat tubuh kita. Sedangkan tangan terus bergerak mengayunkan tali. Tidak hanya itu, lompat tali menggabungkan pelepasan cardio dan training penguatan tubuh.

Lompat Tali Menstabilkan Hormon dan Melatih Otak

Manfaat keempat ini adalah menstabilkan hormon dan melatih otak kita. Melakukan lompat tali dapat membuat hormon tubuh kita stabil karena otak kita yang dilatih untuk bisa mensinkornisasikan kerja tubuh kita. Lompat tali membutuhkan sinkronisasi antara tangan dan kaki yang dikendalikan otak kita. Kestabilan hormon dan otak yang diasah akan membuat potensi timbulnya stress berkurang.

Olahraga Lompat Tali Menghemat Pengeluaran

Karena alat dan tempat yang dibutuhkan sangat mudah, olahraga lompat tali menghemat pengeluaran dalam kelompok pengeluaran untuk kesehatan. Kita tidak perlu membayar apapun seperti pergi ke tempat gym, pergi ke kolam renang, atau pun mengikuti berbagai kelas senam. Kita juga tidak perlu membeli busana khusus karena lompat tali dapat dilakukan selama kita menggunakan busana atau pakaian yang nyaman.

Olahraga Lompat Tali Sangat Efisien

Manfaat secara efisien selain dari tempat dan biaya, lompat tali juga dapat dilakukan secara cepat maupun lama. Olahraga tidak ada patokan waktu dan berapa hitungan. Lompat tali secara bebas bisa dilakukan dengan durasi berapa pun. Ketika jam istirahat sekolah ataupun kerja juga dapat dilakukan meski tidak begitu lama.

Lompat Tali membuat Tubuh Panas Ketika Merasa Kedinginan

Dengan cepat lompat tali akan membuat tubuh kita menjadi lebih hangat ketika kita merasa kedinginan. Hanya dalam beberapa detik tubuh akan menstabilkan suhu tubuh kita antara suhu dari luar dan dalam tubuh.

Lompat Tali Cocok Untuk yang Sedang Diet

Olahraga lompat tali juga memberi manfaat bagi M’sLifers yang sedang diet. Lompat tali membuat berat tubuh kita berkurang juga membuat tubuh menjadi lebih fleksibel.

Lompat Tali Membuat Tubuh Lebih Tinggi

M’sLifers ingin tinggi ada baiknya mencoba olahraga jenis lompat atau yang memberikan efek loncat bagi tubuh. Lompat tali sangat ampuh untuk membuat tubuh kita menjadi lebih tinggi.

Untuk merasakan manfaat-manfaat lompat tali secara maksimal lakukan olahraga lompat tali secara bertahap. Untuk pemula coba lakukan selama 30 detik terlebih dahulu kemudian naik menjadi 1 menit.

Lalu lanjutkan terus dengan menambah durasi. Usahakan sesuaikan panjang tali dengan tinggi tubuh M’sLifers. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi keram di bagian otot.

Istirahat yang cukup juga asupan cairan juga jangan ditinggalkan. Banyaknya manfaat olahraga bagi kesehatan membuat lompat tali adalah salah satu yang dapat memberikan efek bagi tubuh kita. (mmt)

Sekarang versi internasionalnya,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: