HIJRAH Menjadi Baik

Leave a comment

June 30, 2015 by MsDailyLife

Assalamuallaikuum warrahmatullahi Wabaraakatuuh

Kita dilahirkan untuk hidup kekal. Setelah akhir jatah waktu kita di sini, masa depan kita di akhirat akan berujung pada keabadian. Itulah sebabnya, dalam karier kita di dunia, yang dapat dikatakan sangat singkat waktunya, keputusan untuk “menjadi baik” di hadapan Sang Pencipta. tak ternilai pentingnya bagi diri kita masing-masing. Keputusan itulah yang in sya Allah akan menuntun penulis kembali ke Pencipta dalam keadaan sebaik-baik manusia.

Setiap makhluk diciptakan untuk berbakti atau mengabdi kepada Allah. Manusia dilahirkan sebagai makhluk yang derajatnya paling tinggi di antara sesama ciptaan-Nya. Kita dikaruniai akal, dengan kemampuan berakal itulah kita diharapkan mampu pula menjalani kehidupan sebagai makhluk yang telah diciptakan sempurna. Di antara kita sesama manusia, yang terbaik di hadapan Allah adalah mereka yang paling bertakwa kepada-Nya.

101_1203_Metha_photography

Kalau tugas yang kita pikul ternyata adalah mengabdi, beribadah kepadanTuhannya Seluruh Alam, dan tetap berada dalam keadaan “siap mengabdi” semestinya menjadi kita pribadi kita. Kiat tersebut merupakan nasihat yang baik bagi anak-anak dan orang terdekat kita. Makin peduli kepada orang-orang yang terdekat yang menjadi tanggung jawab kita, makin dekat pula dengan keadaan dan sifat kelahiran kita sebagai “khalifah” di sini.

Setiap hari penulis tahu, dari pengamatan-pengamatan, dari bacaan-bacaan, serta pengalaman-pengalaman pribadi sendiri atau orang lain, bahwa keadaan ideal seperti itu tidak selalu mudah. Seperti contoh yang sederhana saja, menemukan jodoh kita. Ada dimata kita terlihat sempurna, tetapi dibalik kesempurnaan lainnya terdapat kekurangan dibalik diri tersebut. Dibalik fisik yang ceria terdapat sisi rapuh dan rasa sepi dibalik itu. Dibalik sosok yang terlihat kuat terdapat kondisi lemah yang ditutupi. Selayaknya pepatah berkata “Rumput tetangga tak selamanya hijau” atau bisa saja seperti “Don’t judge a book by its cover” mungkin… 🙂

Lebih mendasar, apa yang ideal dan baik, juga sebaliknya, apa-apa yang menjauhkan kita dari tempat terbaik di hidup abadi nanti, juga harus terus menerus kita pelajari.

Senajata paling ampuh pengusir gundah hati. Alquran - Tasbih

Senajata paling ampuh pengusir gundah hati. Alquran – Tasbih

Satu lagi alasan, mengapa penulis patut berterima kasih kepada Pencipta, karena telah dibekali dengan sebuah manual atau buku petunjuk perjalanan hidup, dengan peta perjalanan yang lengkap yaitu Al Quran, serta contoh dari Nabi kita Muhammad SAW. Petunjuk serta contoh tersebut bahkan serbacukup sebagai pemandu kita untuk bertindak dan mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup. Ketika penulis lalai, atau dalam keraguan, atau tergelincir, penulis tahu ke mana harus mencari pegangan dan mengoreksi tindakan atau arah perjalanan penulis.

Begitulah saat bangun pagi, kita semua mempunyai kesempatan yang sama untuk “lahir kembali”. Perjalanan dari saat kita membuka mata pada waktu Shubuh, sampai dengan saat memejamkan mata pada malam hari, adalah proses memulai kembali usaha untuk menjadi makhluk yang telah disempurnakan wujudnya oleh Sang Maha Pencipta. Alangkah indahnya apabila kita melakukannya bersama dengan orang-orang terdekat…dan mendoakan yang terbaik bagi sesama manusia.

Wassalamuallaikuum Warrahmatullahi Wabarrakatuuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: