Herman Gmeiner : Founder of SOS Children’s Villages

Leave a comment

May 16, 2014 by MsDailyLife

Hermann Gmeiner 
23 Juni 1919 – 26 April 1986

 – SOS Children’s Villages

Peletakan Batu Pertama SOS-Kinderdorf di Dießen Jerman oleh Hermann Gmeiner, Desember 1956

Peletakan Batu Pertama SOS-Kinderdorf di Dießen Jerman oleh Hermann Gmeiner, Desember 1956

Hermann Gmeiner lahir dari keluarga petani di provinsi Vorarlberg, Austria pada 23 Juni 1919. Ibunya meninggal ketika dia sangat muda. Elsa kakak sulungnya mengambil tugas merawat adik terkecil. Gmeiner adalah anak yang berbakat dan mendapatkan beasiswa untuk bersekolah tata bahasa.

Setelah mengalami kekejaman perang pada Perang Dunia II, dirinya kemudian dihadapkan dengan isolasi dan penderitaan anak yatim perang dan anak-anak tuna wisma. Sebagai pekerja sosial kemanusiaan untuk anak, Hermann Gmeiner berkeyakinkan untuk menemukan cara membantu mereka.

Dari keyakinan Hermann Gmeiner yang teguh bahwa bantuan tidak pernah bisa efektif dimana anak-anak tidak memiliki rumah. Ide dasar tentang desa anak itu lahir dan itu pertama kali diimplementasikan di Imst, Austria pada tahun 1949. Dengan hanya 600 Schillings Austria (sekitar $ 40) di sakunya Hermann Gmeiner mendirikan SOS Desa Anak di Desa Association pada 1949, dan pada tahun yang sama batu fondasi diletakkan untuk Desa SOS pertama Anak di Imst, di negara bagian Austria Tyrol.

Karyanya dengan anak-anak dan pengembangan organisasi SOS Desa Anak / SOS Children’s Villages yang terus menerus dan begitu sibuk, maka Hermann Gmeiner akhirnya memutuskan untuk menghentikan program gelar medisnya. Sejak itu ide desa anak dan prinsip-prinsip pendidikan telah diakui di seluruh dunia.

Dalam dekade berikutnya hidupnya tak dapat dipisahkan dengan komitmennya untuk sebuah konsep yang berpusat pada keluarga perawatan anak berdasarkan empat pilar seorang ibu, rumah, saudara-saudara, dan desa. Mengingat fokus eksklusif pada kebutuhan untuk membantu anak-anak terlantar, sisa biografinya dibaca seperti sejarah SOS Desa Anak sendiri. Ia menjabat sebagai Direktur Desa di Imst, yang diselenggarakan pembangunan SOS Desa Anak di Austria, dan membantu mendirikan SOS Desa Anak di banyak negara lain di Eropa.

1960 Hermann Gmeiner terpilih sebagai Presiden pertama dari “SOS-Kinderdorf Internasional” di Strasbourg, organisasi payung Asosiasi nasional semua anak SOS Children’s Villages. Tahun-tahun berikutnya kegiatan Desa SOS Anak menyebar ke luar Eropa. The “sebutir beras” sensasional kampanye mengumpulkan dana cukup untuk memungkinkan Desa non-Eropa pertama SOS Anak yang akan dibangun di Daegu, Korea pada 1963, dan Desa SOS Anak di benua Amerika dan Afrika.

Pada tahun 1985 hasil kerja Hermann Gmeiner adalah sebanyak 233 Desa SOS Anak di 85 negara. Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya kepada anak-anak yatim piatu dan terlantar ia menerima berbagai penghargaan dan dinominasikan beberapa kali untuk Nobel Perdamaian. Dia selalu menekankan bahwa hanya berkat dukungan dari jutaan orang bahwa itu mungkin untuk mencapai tujuan menyediakan hunian untuk anak-anak dengan rumah permanen, dan hari ini masih berjalan.

SOS Children’s Villages saat ini aktif di 132 negara dan wilayah. Desa SOS 438 Anak dan 346 SOS Pemuda Fasilitas menyediakan lebih dari 60.000 anak-anak dan pemuda yang membutuhkan dengan rumah baru. Lebih dari 131.000 anak-anak / pemuda menghadiri TK SOS, Hermann SOS Gmeiner Sekolah dan Pusat Pelatihan Kejuruan SOS. Sekitar 397.000 orang dari manfaat layanan yang diberikan oleh Pusat Medis SOS, orang 115.000 dari jasa yang diberikan oleh Pusat SOS Sosial. SOS Children’s Villages juga membantu dalam situasi krisis dan bencana melalui program bantuan Emergency Response. Klinik darurat di Mogadishu (menyediakan aplikasi 260.000 check-up dan perawatan setahun.) Adalah salah satu contoh dari proyek bantuan jangka panjang yang sangat besar.

Hermann Gmeiner memimpin sampai tahun 1985.
Hermann Gmeiner meninggal 26 April 1986 di Innsbruck (Austria).
Hermann Gmeiner dimakamkan di Imst Desa Anak.

*Courtesy : http://www.sos-childrensvillages.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: