CARA KERJA JODOH

Leave a comment

February 10, 2014 by MsDailyLife

“Nah si A tuh dia dijodohin dengan si B, cuma yah gitu awalnya si A ga mau mungkin karena masih ada menimbang-nimbang akan suatu hal…tapi yah ternyata eh, jodoh menjawab semuanya si A pun akhirnya nikah juga dengan si B…”

“Ga nyangka banget, padahal dulu tuh satu tempat kuliah bareng…dan jarang banget mingle apalagi komunikasi tegur sapa…dan ternyata dia selama ini malah jdi jodoh gw…”

“Ternyata ga jadi jaminan juga sih yah, terlepas banyak hal hobi yang sama dan sering menghabiskan waktu bersama…tpi ternyata dia bukan jodoh buat gw, terlepas satu sama lain saling suka…”

Itulah beberapa kalimat statement perihal this is “IT” nya dan masih banyak lagi contoh-contoh kalimat lain akan seseorang yang akhirnya sudah menemukan jodohnya dan yang masih sedang mencari si jodoh tersebut. Jadi membuat saya berpikir, sebenarnya bagaimana sih “JODOH” itu bekerja ?

Orang bertemu dengan berbagai cara. Ada yang di tempat kerja, ada yang di gym, ada yang di supermarket, bahkan di pojok tergelap sebuah club malam pun bisa jadi. Di antara sekian banyak orang yang gw temui tiap hari, tersaring beberapa orang yang spesial, orang-orang yang “menarik” perhatian gw. Orang-orang tersebut mendapat perhatian lebih dalam di kehidupan sosial gw dan proses perkenalan lebih jauh menyaring mereka menjadi dua atau tiga aja. Lalu pada akhirnya “hati” memilih satu yang kemudian kita sebut dengan … KEKASIH. Ciee illeee,,,indah banget kayanya cinta yeee?! :p

Terus, kalo sudah begitu apa dia jodoh kita ? BELUM TENTU! Nih, namanya pacaran atau tunangan pun kan belum diikat janji pernikahan. Mungkin setelah beberapa kekasih setelahnya barulah memutuskan untuk settle-down dan me..ni..kah. Congratulations, buat kalian yang sudah resmi menjadi seorang suami-istri. Oke, lalu apakah dia jodoh kita ? Yaaaa, “katanya” sih begitu klo sudah married. Berarti jodoh itu adalah orang yang kita nikhai ya? terus apa kabar dengan yang kawin, terus cerai ? Jatah jodoh dia banyak dong?!! Koq curang yah ? *BilGegarukanKepala. Kata salah satu temen gw, “klo elo cerai ya berarti yg elo cerain bukan jodoh elo.”, terus lanjutnya “jodoh elo tuh yang sama-sama elo sampe elo mati.”

Hmmmmm…tapi, banyak juga kan kasus (misal) istrinya lebih dulu meninggal, lalu suaminya menikah lagi. Apa itu berarti si suami jodoh buat si istri, tetapi si istri bukan jodoh si suami, karena si suami punya istri baru lagi? Apa itu berarti si istri baru adalah jodohnya si suami? Apa istri pertama memang jodoh si suami, tapi hanya sampai dia meninggal ? karena saat itu si suami punya jodoh baru, yaitu si istri kedua? Halaaahh, nulisnya jadi bingung sendiri….mudah-mudahan kalian yang membacanya lebih pintar dari saya…ahahahhahah :p Ada sebuah sudut pandang yang lain. Gw inget ustad gw belajar agama pernah bilang “Manusia itu dapat jodoh sesuai dengan seperti apa dirinya. Kalau kamu baik dapat jodoh baik, kalau kamu jelek ya dapat jodoh jelek.” It sounds like a Religion teacher commonly yaaah, tapi sebenernya cukup masuk akal. Makanya bukan hal yang aneh kalau kita melihat kesamaan karakter, tingkah laku, sikap bahkan mungkin kemiripan muka di antara pasangan teman atau saudara kita yang sudah menikah. Ya mungkin karena itu, mereka berjodoh. Mungkin lhooo…mung- to the -kin.

Kalo melihat pola di gw dan teman-teman gw, di antara delapan orang di lingkaran pertemanan gw,  empat sudah menikah, sisanya masih dalam pencarian dan pencapain goal masing-masing dah tuh. Ya kita anggap saja (untuk sekarang) empat yang sudah menikah itu sudah menemukan jodohnya. dari emapt yang sudah menikah, satu memang sudah begitu subhanallah alim dan lurus-lurus aja dari dulu and happy with their complete family with kids, sementara yang satu sempat “rusak” dulunya tapi insyaf dan akhirnya menjalankan kehidupan pernikahannya santai -santai asyik, yang ke-tiga sangat lah hobi traveling di kehidupan pernikahannya, dan yang terakhir; sedang berikhtiar menjadi seorang calon Ibu yang baik di keluarga kecil nya kelak. Naaah, empat yang belum ini, satu kerjaannya mikirin kariir terus padahal karirnya sudah bagus dan sangat-lah sukses, yang kedua dan ketiga boleh dibilang mereka sedang menikmati indahnya masa perkenalan satu sama lain yang entah bagaiamana nih nanti endingnya mereka (syukur alhamdulillah, pelaminan jadi yaaahh) and for the last one is, is still questioning and searching her true love in unconditionally for her life. Did you see the pattern here ? 🙂 

Memang urusan perjodohan itu dari dulu, selalu dan selamanya akan menjadi salah satu misteri terbesar sepanjang masa. Karena itu urusan Allah SWT-kan ? Tapi kalo melihat kasus di atas, empat orang yang sudah menikah tadi memang sepertinya sudah siap untuk “menerima” jodohnya, sementara empat yang belum satunya masih sruntul sana sruntul sini, dua dan tiga-nya on process dan yang terakhir…ya udah lah yaahhh…ahahahahaa 😀

Sementara itu untuk kalian yang “merasa” sudah siap tapi “merasa” belum bertemu jodoh kalian juga, jangan khawatir lah. Tidak usah dicari, biarkan saja datang dan “terjadi” dengan sendirinya. Menurut yang sudah (menemukan jodoh), kalian akan tahu sendiri pada saatnya nanti, biarkan hati kecil yang berbicara “this is it, go for it!” (Ciee ileeh…keren amat bahasa gw yak! :p ).

Let’s put it this way, kalian pernah tidak mencari sebuah barang spesifik tapi ga pernah nemuinnya walau kalian sudah mengunjungi tiap mall yang ada di kota padat ini, tapi di lain kesempatan menemukan sebuah barang langka yang jadi kesayangan ketika sedang berjalan-jalan tanpa tujuan di sebuah pasar loak ? Itu lah JODOH!

Didn’t see it comin, but it’s the greatest feeling in the world for sure. 🙂 am i right ?  (mmt).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: