SPIRIT 2014

Leave a comment

February 1, 2014 by MsDailyLife

CITRA itu akhirnya TERBANG sia-sia

CITRA itu akhirnya TERBANG sia-sia

Metha, ID – Telah sebulan kita melewati awal tahun 2014 ini, mesti nya kita berani tampil dengan spirit baru, yang berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya. Tahun 2014 adalah saat yang sangat penting dan strategis dalam menatap perjalanan dan perkembangan bangsa. Bukan saja pada bulan April 2014 bangsa kita akan melaksanakan Pemilihan Umum Legislatif guna melahirkan para Wakil Rakyat yang lebih berkualitas dan cerdas, ternyata beberapa bulan kemudian seusai Pileg ini, kita pun akan diminta untuk menetapkan seorang Presiden yang diharapkan akan mampu membawa kejayaan NKRI dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Kurun waktu 2014-2019 adalah situasi yang harus kita lalui dengan semangat baru sebagai kelanjutan dari hal-hal yang telah digarap sekitar 10 tahun oleh Kepemimpinan Presiden Sby. Jargon politik yang esensi nya “keberpihakan”, tentu harus semakin nyata diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pro growth, pro employe, pro poor dan pro enviroment; penting kita ukur keberhasilan nya. Hal ini penting diutarakan, agar strategi pembangunan yang dipilih Presiden Sby beserta rengrengan nya itu, tidak hanya sekedar cita-cita yang kesan nya “mengecat langit”, namun dapat diwujudkan, sehingga benar-benar “menapak bumi”.

Spirit untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan stabil, tentu saja merupakan dambaan berbagai bangsa dan negara yang kini sedang giat-giat nya menyelenggarakan proses pembangunan. Masalah nya adalah apakah skenario pertumbuhan ekonomi yang kita lakoni ini telah senafas dengan cita-cita pembangunan yang ingin kita raih ? Inilah sebetul nya keadaan yang pantas kita cermati dengan seksama. Sebab, pertumbuhan ekonomi yang kita raih, ternyata menimbulkan masalah baru dalam proses pembangunan yang kita lalui. Pertumbuhan ekonomi yang kita raih itu, ternyata melahirkan kesenjangan pendapatan yang makin lebar antara para penikmat pembangunan dengan mereka yang layak dikatakan selaku korban pembangunan.

Pembangunan yang kita lakukan, tidak seharus nya membawa korban. Pembangunan juga tidak dirancang hanya untuk memakmurkan orang per orang atau golongan tertentu saja. Pembangunan adalah idealisme kemerdekaan yang harus kita raih agar mampu memberi berkah bagi kehidupan seluruh warga bangsa. Pengalaman selama Orde Baru yang hanya menghasilkan sekitar 200 orang konglomerat adalah bukti nyata bahwa pembangunan yang adil dan merata, rupa nya belum dapat dibuktikan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Strategi pembangunan yang bertumpu pada Trilogi Pembangunan sendiri(pertumbuhan, pemerataan dan stabilitas) tampak baru indah diwacanakan semata.

Dari sekian banyak masalah yang hingga kini masih belum dapat terselesaikan dengan tuntas adalah kemiskinan dan pengangguran. Kalau saja kita tidak sungguh-sungguh menangani nya dikhawatirkan hal ini akan tampil menjadi bom waktu yang kapan-kapan dapat meledak. Kemiskinan dan pengangguran yang menimpa sebagian warga bangsa, bukanlah hal yang sangat mudah untuk dituntaskan. Sekali pun sudah sejak puluhan tahun silam kita berupaya untuk memerangi nya, namun kemiskinan tetap saja menjadi momok pembangunan yang merisaukan. Hal yang tak jauh beda juga terlihat dari pengangguran yang hingga kini kita belum menyaksikan ada nya solusi cerdas Pemerintah dalam menanggulangi nya.

Spirit 2014, harus nya mampu memberi solusi atas berbagai masalah utama dalam melakoni pembangunan di negeri ini. Perjalanan selama kita melakoni pembangunan, ada baik nya dijadikan pengalaman yang berharga bagi pencarian solusi cerdas ke depan. Hal ini penting dicatat, karena kalau saja kita tidak mampu berkaca pada pengalaman masa lalu, rasa nya sukar sekali bagi kita untuk membaca isyarat jaman di masa depan. Itu sebab nya, dalam memasuki 2014 ini beberapa masalah yang masih menghadang, sepatut nya mampu kita jawab dengan penuh kehormatan dan tanggungjawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: