Tips Mengemudi Bagi Ibu Hamil

Leave a comment

April 6, 2013 by MsDailyLife

Di zaman modern wanita harus tahan banting pada saat apapun, termausk saat hamil. Aktivitas tidak boleh terhenti begitu saja saat mengandung si kecil, termasuk bekerja. Perjalanan ke kantor masih bisa Anda lakukan sediri dengam mobil secara aman dan nyaman walau sedang hamil kok. Berikut tipsnya mengemudia aman dan nyaman dari Divisi Humas Mabes Polri:

Penggunaan Seat Belt
Penggunaan seat belat dikhawatirkan akan mengganggu cabang bayi karena menekan perut. Padahal hal ini tidak benar. Universitas Michigan, AS yang melakukan penelitian pada 57 kasus kecelakaan, menemukan bahwa seat belt mengurangi akibat fatal pada kandungan hingga 84 persen.

Simulasi menunjukkan jika ibu hamil memakai seat belt, perutnya akan terhindar dari lingkar kemudi saat benturan akibat tabrakan frontal terjadi. Pada kasus tabrakan belakang seat belt mencegah benturan kedua akibat proses re-bound.

Memang memakaiseat belt saat hamil membuat ibu hamil tidak begitu leluasa. Untuk itu perhatikanlah posisi seat belt. Sabuk yang leintang baiknya diarahkan dibagian bawah hingga tidak langsung menekan perut. Sedangkan bagian yang menyilang, diarahkan tetap melalui bagian atas bahu dan dada.

Posisi Duduk
Posisi jok juga perlu diperhatikan saat ibu hamil mengemudi. Para ahli mensyaratkan, jarak antara perut dengan lingkar kemudi minimal 16 inci atau sekitar 25 cm. Dengan catatan, kedua kaki tetap bisa menjangkau atau mengoperasikan pedal – pedal.

Carilah posisi duduk yang rileks dan senyaman mungkin agar sirkulasi darah tetap lancar, terutama sirkulasi darah pada kaki. Bila selana perjalanan Anda merasa akan kram atau kesemutan, menepilah. Lakukan stretching beberapa saat dan baru kembali mengemudi.

Nah, semoga tips ini membantu Anda yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan tapi sedang berbadan dua yaa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: