9 Kalimat ‘TERLARANG’ Di Depan Bos

Leave a comment

August 18, 2012 by MsDailyLife

Congratulation, you landed the job ! Sebagai karyawan baru, ada baiknya Anda lebih berhati-hati saat berbicara dengan atasan dengan tidak mengucapkan kalimat – kalimat berikut ini :

  1. “Ini tak mungkin bisa selesai” Boleh-boleh saja mengatakan kalimat ini, asal Anda menawarkan solusi sesudahnya. Tanpa adanya solusi, kalimat ini menunjukkan bahwa Anda malah berusaha.
  2. “Bukan urusan saya” Kecuali Anda ingin dianggap tak punya tanggung jawab oleh atasan, kalimat ini jangan sampai terucap.
  3. “Maaf, tapi tugas itu tak ada dalam job description saya” Melakukan tugas yang tak tertulis dalam job description selama masih berhubungan dengan pekerjaan juga merupakan bagian dari ‘risiko’ sebagai bawahan. Kecuali bos meminta Anda  menjemput anaknya pulang dari sekolah, sebaiknya lakukan saja tugas dari beliau.
  4. “Kalau cuma begini sih saya juga bisa” Hati-hati dicap sok tahu dan menyebalkan setelah mengatakan ini.
  5. “memangnya ini penting ya, Pak?” Let’s admit it, tak semua bos bisa menjadi pemimpin yang baik. Meskipun bos Anda bukanlah good leader, namun menanyakan hal ini memberi kesan bahwa Anda mempertanyakan kompetensinya dalam memimpin dan menentukan prioritas. Its insulting.
  6. “Saya add Facebook anda ya” Unless your boss is very cool and awesome, don’t do it. Interaksi antara Anda dan atasan sebaiknya jangan terlalu pribadi.
  7. “Saya masih hangover gara-gara semalam nih” This is not something your boss wants to hear. Pisahkan kehidupan pribadi dan profesional.
  8. “Gaji tak seberapa, kerjanya seperti ini” Mengeluh soal gaji adalah hal lumrah, but not in front of your boss. Jika Anda merasa gaji terlalu kecil, lebih baik bicarakan dengan atasan soal kenaikan gaji.
  9. Duh…(sambil menghela nafas)” Kata ‘duh’ … yang diucapkan sambil menghela napas justru lebih ‘berbahaya’ dibandingkan kalimat-kalimat lain. Sebab, pernyataan non verbal seperti itu dapat membuat bos Anda berpikir bahwa Anda kesal atau sedang mengeluh tentang pekerjaan. Anda tentunya tak ingin atasan berpikiran negatif tentang Anda, bukan ?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: