( HIKMAH ) RAMADHAN MENUJU KELAPANGAN LAHIR DAN BATHIN

Leave a comment

August 12, 2012 by MsDailyLife

Tabiat dunia itu senantisa dipergilirkan. Datang, tertahan, diambil. Mudah, susah. Sehat, sakit. Dipuji, dicaci. Dihormati, direndahkan. Semuanya terjadi silih berganti. Nah, kalau hati kita hanya akrab dengan kejadian-kejadian seperti itu tanpa krab dengan Allah pemilik kejadiannya, maka letihlah hidup kita. Capek deeh.. Para pecinta dunia

segalanya serba kalkulasi, balas membalas, serta ada imbalan atau tidak ada imbalan. Karenanya, tidak usah heran kalau para ahli dunia itu akan banyak letih karena hari-harinya selalu penuh dengan tuntutan dan penghargaan, pujian, dan lain sebagainya, dari orang lain.

Syaikh Ibnu Atho’illah dalam kitabnya, Al Hikam, “hatimu penuh dengan keduniaan, sehingga kembalilah nuur itu ke tempatnya semula. Oleh sebab itu, kosongkanlah hatimu dari segala sesuatu selain Allah, niscaya Allah akan memenuhinya dengan ma’rifat dan rahasia-rahasia.”

Andaikata kita merasa lebih tentram dengan sejumlah tabungan di bank, maka berarti kita belum kenal sama Allah. Seberapa besar pun uang tabungan kita, seharusnya kita lebih merasa tentram dengan jaminan Allah, tetep beramal shaleh karena tujuannya Allah.

Sebanyak lima milyar gugusan galaksi. Padahal yang telah kita ketahui selama ini adalah suatu gugusan bernama galaksi bimasakti, yang di dalamnya terdapat planet-planet yang membuat takjub siapa pun yang mencoba bersungguh-sungguh mempelajarinya. Matahari saja merupakan salah satu planet yang sangat kecil, yang berada dalam gugusan galaksi di dalam tata surya kita. Nah, apalagi planet bumi ini sendiri yang besarnya hanya satu noktah.

Mati-matian ia berjuang mengejar apa-apa yang dinginkannya, pasti tidak akan dapat dicapai tanpa izin-Nya. Laa haula walaa quwwata illaabillaah! Begitulah kalau orang hanya bergaul, dengan dunia yang ternyata tidak ada apa-apanya ini. Serba kalkulasi sampai akhir hidupnya.

Allah Azza wa Jalla, Zat yang Maha Menguasai jagat raya, sehingga hati kita tidak akan pernah galau oleh dunia yang kecil mungil ini. Laa khaufun alaihim walaa hum yahjanuun! Samasekali tidak ada kecemasan dalam menghadapi urusan apapun di dunia ini. Semua ini tidak lain karena hatinya selalu sibuk dengan Dia, Zat Pemilik Alam Semesta yang begitu hebat dan dahsyat. Ini yang harus dilatih dalam Ramadhan ini, hingga gak ada lagi sedekah takut miskin, takut hutang gak kebayar, takut gak dapat jodoh, semua dikembalikan segala urusan kepada Allah melalui jalan-Nya. Kalo masih serba kalkulasi, masih dibawa kepada khayalan dan angan-angan kosong, gak berjuang dalam ibadahnya, perbaikan belajar ilmu Islamnya, ya biasanya jalan ditempat seperti perlombaan persiapan gerak jalan, jalan ditempat gak maju-maju. Hatinya tetap layu, ibadahnya dari dulu cuma segitu, bahkan bisa jadi malah berkurang alias jalan mundur. Na’udzubillah Min Dzalik

from : Ust. Yusuf Mansur
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: