Prabowo Pakai Konvensi, Jaring Bakal Wapres

Leave a comment

August 6, 2012 by MsDailyLife

Prabowo

Prabowo Subianto

Pencapresan Prabowo Subianto oleh Partai Gerindra segera dipastikan Oktober mendatang. Diikuti dengan konvensi penjaringan cawapres.

PARTAI berlambang kepala burung garuda itu sudah berancang-ancang meresmikan pengajuan ketua dewan pembinanya tersebut sebagai capres pada Oktober 2012.

Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pendeklarasian Prabowo sebagai capres jauh hari sebelum Pilpres 2014 itu sudah melalui pertimbangan matang. “Alasannya kompleks, tapi yang pasti, semua ini bentuk kesungguhan dan ketulusan kami mencalonkan Pak Prabowo,” ujar Muzani, Rabu, 18 Juli.

Dia menjelaskan, yang menjadi dasar partainya melakukan pendeklarasian sejak dini, antara lain, adalah hasil survei elektabilitas kandidat capres beberapa waktu terakhir. “Intinya, kami serius dan berupaya serius mengusung beliau 2014 nanti,” tandasnya.

Selain mendeklarasikan pencapresan Prabowo, pada saat yang sama, Gerindra melakukan konvensi calon Wapres. “Kami nanti melakukan serentak dalam bentuk konvensi nasional Gerindra,” beber anggota Komisi I DPR tersebut.

Sebagai langkah awal, ungkap Muzani, partainya telah memantau kandidat-kandidat calon yang muncul saat ini. Namun, saat ditanya nama, dia enggan membeberkan terlebih dahulu. “Nantilah, biarlah kami sekarang memantau dulu,” ujarnya.

Lantas, bagaimana halnya dengan perolehan suara Gerindra? Itu–mengingat berdasar hasil sejumlah survei–dukungan terhadap partai pemilik 26 kursi di parlemen tersebut belum signifikan. “Kan revisi UU Pilpres juga belum selesai. Selain itu, suara Gerindra nanti juga masak sama dengan yang lalu?” ujar Muzani, optimistis.

Sebagaimana diketahui, saat ini revisi RUU Pilpres masih dibahas di parlemen. Menilik UU sebelumnya, syarat parpol atau gabungan parpol untuk mengajukan pasangan capres-cawapres adalah memiliki sedikitnya 20 persen kursi di DPR. Atau, memperoleh total 25 persen suara sah nasional.

Sementara itu, wacana pilpres dipastikan ikut mempengaruhi dukungan parpol di pilgub Sulsel mendatang. Termasuk di internal PAN Sulsel. SK yang sempat diteken oleh Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa untuk calon Golkar, Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang), ditahan karena wacana pilpres.

Makanya, deklarator PAN Sulsel, H Mas’ud Samal menyarankan kader PAN di Sulsel menunggu dukungan resmi DPP PAN. Mas’ud menilai, rekomendasi DPP yang pernah beredar belum bisa diyakini. Apalagi elite DPP PAN mengaku belum tahu menahu terbitnya rekomendasi dimaksud.

“Kalau saya, PAN sulit mendukung Syahrul-Agus karena apapun, ini ujung-ujungnya pilpres. Untuk pilpres, PAN sudah mendorong Hatta Rajasa. Tentu ada harapan cagub yang didukung punya peluang mendukung Hatta. Sementara Syahrul kini sudah ikut mendeklarasikan Aburizal Bakrie sebagai capres Golkar,” kata Mas’ud yang saat ini tercatat sebagai Ketua MPP DPW PAN Sulbar.

Mas’ud juga mengingatkan PAn belajar dari pilkada DKI Jakarta. “Kalau saya bicara kecenderungan, DPP PAN akan merekomendasikan pasangan IA. Tidak cerdas DPP PAN sekiranya tidak merekomendasikan pasangan IA di pilgub Sulsel.  Orang luar Sulsel yang masuk Makassar itu takjub ketika melihat perubahan yang terjadi di Makassar dan itu adalah karya dari Pak Ilham,” tambah Mas’ud.

Wakil Ketua DPW PAN Sulsel, Usman Lonta mempertegas dukungan PAN di pilgub Sulsel diyakini tetap ke Sayang. Kalau pun saat ini rekomendasi belum diserahkan, bukan pertanda dipending oleh DPP. “Yang jelas, rekomendasi kita ingin serahkan saat rakerwil dan dilakukan langsung oleh Hatta,” kata Usman Lonta. Penyerahan rekomendasi PAN sudah tiga kali mengalami penundaan. (sah/ysd)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: