Tips Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Leave a comment

August 5, 2012 by MsDailyLife

Tubuh manusia tersusun atas zat cair. Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga agar tubuh mendapat asupan air yang cukup. Sebisa mungkin, hindari dehidrasi walaupun sedang menjalani ibadah puasa.

Beberapa efek dari dehidrasi yang bisa muncul adalah:

  • Lemas, lesu dan tidak berstamina
  • Sakit kepala
  • Turunnya kemampuan konsentrasi sehingga sulit berpikir
  • Nyeri sendi
  • Pingsan
  • Pada wanita, dehidrasi dapat menyebabkan emosi, bad mood dan mudah marah
  • Dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih

MENCEGAH DEHIDRASI SELAMA PUASA
Puasa di bulan Ramadhan akan membuat kita tidak bisa mengonsumsi cairan apapun dalam waktu kurang lebih 8 jam. Karena itu,  harus memiliki trik agar tetap bisa beribadah sekaligus terhindar dari dehidrasi.

Tetap 8 Gelas Setiap Hari
Rata-rata, seseorang membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap hari. Asupan cairan ini bisa melalui air mineral, buah-buahan yang mengandung cairan, atau makanan berkuah. Usahakan agar saat sahur, mencicil beberapa gelas, bisa 3 – 4 gelas (tetapi tidak langsung sekali minum). Demikian juga saat berbuka puasa. Jumlah 8 gelas bisa bertambah jika aktivitas yang dilakukan sepanjang hari menguras keringat dan tenaga.

Hindari Kafein dan Minuman Bersoda
Sebisa mungkin, minimalkan atau hindari mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein. Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Jika ingin menikmati minuman hangat, pilih teh hijau atau teh chamomile. Hindari juga minuman bersoda yang dapat membuat perut terasa penuh.

Beri Rasa Pada Air Mineral
Banyak orang yang tidak suka mengonsumsi air mineral karena rasanya hambar. Hal ini dapat diatasi dengan memberi rasa pada air mineral, tentunya rasa dari bahan alami. Anda bisa memasukkan sepotong irisan lemon atau sedikit perasan jeruk nipis ke dalam air mineral, rasanya akan lebih segar. Tetapi hindari memberi tambahan berupa gula atau pemanis lainnya.

Minum Susu
Anak-anak bisa mulai belajar puasa. Untuk mencegah dehidrasi pada anak, bisa memberikan susu. Sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University menyebutkan bahwa susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi pada anak daripada jenis minuman suplemen atau air karena susu kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit.

Makan Buah Yang Mengandung Banyak Air
Ingin menghindari dehidrasi dengan cara yang lezat dan tidak membuat bosan? Nikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Itu dia tips menghindari dehidrasi dari M’s DailyLife. Ibadah lancar, tubuh tetap bugar 🙂

*(mmt)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: