Ginseng Efektif Atasi Kelelahan pada Pasien Kanker

Leave a comment

June 9, 2012 by MsDailyLife

Para peneliti di Amerika menemukan bahwa ramuan ginseng memiliki manfaat bagi pasien kanker. Ginseng diduga efektif membantu pasien kanker melawan rasa lelah yang mereka rasakan dalam jangka panjang.

Mereka memelajari 340 pasien yang mendapat pengobatan atau sedang dirawat karena kanker. Sebanyak enam puluh persen pasien yang diteliti menderita kanker payudara. Setiap hari, pasien kanker menerima 2.000 miligram ginseng yang diberikan dalam bentuk kapsul yang mengandung akar ginseng murni.

Ginseng diberikan pada pasien kanker yang mengalami kelelahan umum seperti lelah,loyo, dll. Dokter Debra Barton, dari Pusat Kanker Mayo Clinic di Amerika Serikat mengatakan, “Setelah delapan minggu, kami melihat peningkatan yang bersifat positif di 20 titik kelelahan pada pasien kanker”

Ginseng telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai penguat energi. Kelelahan pada pasien kanker terkait dengan peningkatan sitokin inflamasi dalam sistem kekebalan tubuh. Bahan aktif ginseng, yang disebut ginsenosides, mampu mengurangi sitokin terkait dengan peradangan dan membantu mengatur kadar kortisol.

“Pasien kanker bisa merasa stres berkepanjangan yang dapat berlangsung hingga 10 tahun setelah diagnosis dan pengobatan. Jika kita dapat membantu tubuh lebih baik sepanjang pengobatan melalui penggunaan ginseng tersebut, kita mungkin dapat mencegah efek yang lebih buruk dalam jangka panjang” Tambah Dr. Barton.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: