360 Tulang Sendi

Leave a comment

May 11, 2012 by MsDailyLife

“Di dalam diri manusia terdapat 360 sendi. maka ia wajib memberikan satu sedekah untuk setiap sendi.” HR Muslim dan imam-imam lainnya.

Hal yang mencengangkan dari hadist di atas adalah kemampuan Rasulullah untuk mengatakan 360 tulang sendi manusia. padahal pada masa itu tidak ada seorangpun atau seorang peneliti pun yang pernah mengetahui jumlah tulang sendi dalam tubuh manusia.

Dan jujur, sampai sekarang pun bila M’sLifers membaca jurnal-jurnal medis atau buku-buku ensiklopedia, mereka hanya menyebutkan ‘kisaran’ saja, yaitu antara 100 sampai 200 tulang sendi dan banyak perbedaan di antara mereka.

Sebagai contoh, Ensiklopedia Hanctinson yang terbit tahun 1995 pun hanya mengetahui jumlah tulang dalam manusia hanya 206 saja

Namun, penelitian terbaik yang adalah yang dilakukan Dr. Hamid Ahmad Hamid, dalam bukunya berjudul Rihlah Al-Iman Fi jism Al-Insan bahwa jumlah tulang sendi di tubuh manusia adalah benar 360 buah seperti yang dikatakan Rasulullah 1400 tahun yang lalu.

– Pertama, tulang belakang memiliki 147 sendi yaitu, 25 sendi antar tulang belakang, 75 sendi antar tulang belakang dan rusuk, 50 sendi antar tulang belakang pada jalan makan samping
– kedua, dada memiliki 24 sendi (tidak saya uraikan ya banyak jenisnya ^^)
– ketiga, bagian atas tubuh memiliki 86 sendi
– keempat, bagian bawah manusia memiliki 92 sendi

Jadi benar, kalau jumlah keseluruhannya adalah 360 sendi.

Sendi-sendi yang bergerak di dalam tubuh manusia dan memberikan kemampuan pada kerangka manusia dan selanjutnya tubuh manusia untuk bergerak dengan fleksibilitas tinggi inilah yang dimaksud dengan ungkapan As-Sulama. Salah satu contoh paling jelas dari persendian gerak adalah sendi pangkal paha (panggul) yang berbentuk bulat dan bertulang ujung bulat yang mengisi sendi di dalam rongga panggul yang mirip tobi, sehingga tulang paha dapat bergerak di dalamnya dengan mudah dan enteng, dan lebih lanjut memudahkan pergerakan kedua tungkai kaki secara santai dan nyaman ke berbagai arah.

Tanpa persendian yang telah disiapkan Allah, tentu manusia akan banyak merasakan kesakitan, dan menghadapi berbagai macan kesulitan pergerakan, iya tidak iya?

Maka dari sinilah, Rasulullah kita tercinta berwasiat kepada manusia agar bersyukur dan bersedekah paling tidak sejumlah sendi di tubuh kita jika memang tidak dapat melakukan lebih dari itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: