Kiat Merawat Material Kulit

6

May 10, 2012 by MsDailyLife

M’sLifers pecinta sepatu, dompet, dan tas dari kulit ? Selayaknya, karena kulit bahan berkualitas yang kuat. Naah, agar koleksi dari kulit tetap awet, simak cara merawatnya pada uraian berikut. 

PERAWATAN BAHAN DARI SMOOTH LEATHER & SUEDE


Ada beberapa jenis kulit yang dianalkan desainer dalam merancang pernik fesyen, yaitu smooth leather dan suede. Smooth leather digunakan dengan menerapkan jenis kulit yang halus, lalu diberi cat khusus, doff maupun kilat. Sedangkan suede leather adalah jenis kulit yang diproses khusus dengan menghilangkan permukaan kulit (kulit ari) memakai alat tersendiri. Orang sering menyebutnya, kulit terbalik.

Leather Jacket

Leather Jacket

Cara Merawatnya :

  • Gunakan kain lembut dan lembab untuk menghilangkan kototran, lalu keringkan benar dan baru disemir. Gunakan warna semir mendekati warna sepatu dan tas. Semir membantu memperbaiki dan melembabkan kulit sepatu dan tas. Saat menyemir, gunakan spons agar kulit kusam cepat mengilap.
  • Untuk kulit suede, M’sLifers tidak membutuhkan semir. Namun, untuk menjaga kelenturannya, ada bahan khusus yang hanya dipakai para penyamak kulit dan tidak dijual retail. Perawatan kulit suede ini sedikit rumit, karena bahannya mudah sekali kotor dan terkena flek (noda). Langkah perawatannya, cuci suede dengan shampo, jangan detergen. Sikat perlahan bagian yang kotor dengan sikat gigi halus sampai bersih. Setelah itu bilas bersih dan hisap airnya memakai kain yang menyerap air dengan baik, lalu diangin-anginkan. Kelemahan lain dari bahan suede, jika terpakai lama, warnanya akan pudar dan serat kulit jadi kasar. Pendek kata, hati-hati memakai bahan suede.
  • Sekarang, cara menyimpan sepatu kulit maupun suede agar bentuknya tetap bagus. Isi bagian dalam sepatu dengan kayu cedar atau lipatan kertas koran. Begitu pula untuk tas. Isi dengan lipatan kertas koran, lalu masukkan dalam kantung kain, simpan dalam kardus secara tertata rapi. Jangan ditumpuk, Masukkan silica gel untuk menjaga kelembaban dan tidak mudah berjamur.
  • Apabila sepatu & tas kulit M’sLifers basah, keringkan dulu dengan kertas atau koran. Hindari terik matahari langsung, karena hanya akan membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. pakailah semir agar tas dan sepatu berkilau indah.

*(MMT).

6 thoughts on “Kiat Merawat Material Kulit

  1. kalau membersihkan dan merawat sepatu berbahan velvet gimana bos, apakah sama dengan perawatan berbahan kulit?

    • MsDailyLife says:

      Halo…

      Klo utk merawat & membersihkan sepatu khususnya yg berbahan Velvet jelas berbeda dengan yg berbahan kulit yah…

      Gampang koq cara utk membersihkan sepatu yg berbahan velvet, klo utk menghilangkan debu cukup disikat dgn halus saja menggunakan sikat gigi/sikat alis/sikat semir…dan klo mmg sdh terlalu kotor banget dan terpaksa hrs dicuci, gunain aja sabun cair jgn sabun colek…yg ada membuat bhn velvet tersebut menjadi keras dan kasar.

      Mudah2an terjawab yah … ^_^ dan selamat mencoba…

      regards,
      Metha @Ms_DailyLife

  2. Thanks bos, artikelnya sangat membantu sekali terutama untuk merawat sepatu berbahan kulit. Oh iya, dibahas juga dong perawatan untuk jaket kulit

  3. Bagaimana caranya kita membedakan bahan kulit tersebut asli atau kulit sintettis, dengar dengar konon perawatannya beda

    • MsDailyLife says:

      Cara bedaiinya sebenrnya gampang aja…dgn rasa kepakaan kita aja sih…
      1. Diraba : kulit asli permukaannya licin & halus; Sintetis permukaannya terasa lengket & kesat.
      2. Aroma : sintetis akan ada tercium bau karet/vinyl (kimiawi)
      3. Tekstur : Kulit asli hanya memiliki 1 lapisan yaitu kulit itu sendiri; sdgkan sintetis memiliki 3 lapisan (Lapisan kulit imitasi – lapisan busa tipis – & terakhir lapisan kain).

      yah tentu saja perawatan akan sangat berbeda dgn yang namanya Kult Asli & Sintetis.

      Semoga penjelasannya, cukup membantu yah ^,^ Have a great day!

      regards,
      -Metha-
      @Ms_DailyLife
      Visit our Shop OL too : http://www.maqdhamshop.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: