1 Mei 2012, Minimarket di Depok tak Boleh Buka 24 Jam

Leave a comment

May 4, 2012 by MsDailyLife

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok hari Selasa (1/5) melakukan pemantauan secara efektif terhadap seluruh minimarket yang beroperasi di Kota Depok. Itu dilakukan, menyusul tuntasnya masa sosialisasi terkait pemberlakuan peraturan daerah (Perda) nomor 3/2011, yang salah satu isinya melarang toko modern, khususnya minimarket, melakukan transaksi secara nonstop.

Kepala Seksi (Kasi) Perdagangan Dalam Negeri, serta Disperindagkop Reni Siti Nur Aini, saat ditemui oleh salah satu media cetak,menyatakan pada tanggal 1 Mei 2012, Minimarket resmi tidak boleh buka selama 24jam pada hari Senin (30/4) lalu.

Ia menjelaskan, selama sebulan sosialisasi pemberlakuan perda tersebut, Disperindagkop juga sudah melakukan pendataan dan pemantauan. Dan menemukan beberapa minimarket yang kerap melakukan transaksi secara nonstop.

“Secara ‘random’  juga sudah dilakukan,” kata Reni.

Dari pemantauan secara acak tersebut, ia mengatakan tidak semua minimarket yang beroperasi nonstop. Data terakhir yang ditunjukkannya, dari 342 minimarket di Kota Depok, sekitar 20 persennya yang beroperasi 24 jam. Walau relatif sedikit, ia menambahkan, pemberlakuan larangan tersebut tetap harus dilakukan dan harus ditaati.

“Masih ada (pengelola) yang komplain, tapi tetap harus dilarang (buka 24 jam),” kata Reni.

Ia menambahkan, pada intinya pengaturan jam malam bagi minimarket tersebut adalah untuk menciptakan iklim ekonomi yang berimbang bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Pasalnya dengan membiarkan minimarket melakukan transaksi secara nonstop, diyakininya, masyarakat pedagang akan mengalami ‘kematian’ akibat merebaknya ‘trend’ belanja konsumen yang lebih memilih belanja di minimarket.

“Keberadaan pasar tradisional dan pedagang kecil juga tetap diperhatikan,” tuturnya.

Untuk itu, melalui pengaturan operasional transaksi bagi minimarket, antara pukul 08.00 sampai 22.00 WIB, hal tersebut akan melindungi peran pasar tradisional, dan pedagang kecil sampai menengah. Yang selanjutnya pengaturan melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) juga diperlukan agar tidak semakin merebak dan bertambah. (MMT)

minimarket

minimarket

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: